Kamis, 11 Oktober 2012

Macam-masam Inseksida

Insektisida yang beredar di pasaran secara umum, berdasarkan cara kerja masuknya obat ke hama penggangu dapat dibedakan menjadi 4 :
Racun Sistemik
Untuk jenis racun seperti ini cara kerjanya tak langsung membunuh hama. Racun sistemik setelah disemprotkan atau ditebarkan akan menempel pada tanaman. Kemudian racun ini akan terserap ke dalam jaringan tanaman melalui daun atau akar. Racun ini dapat membunuh hama yang ada dalam jaringan tanaman seperti jamur dan bakteri.
Racun Kontak Insetisida ini akan bekerja dengan baik jika terkena atau kontak langsung dengan hama sasaran. Untuk jenis kontak ini tidak begitu efektif untuk mengendalikan hama yang berpindah-pindah tempat atau dapat terbang. Tetapi bila ada tanaman yang masih
menyimpan residu pestisida sehingga kontak antara serangga dan pestisida dapat berlangsung.

Racun LambungRacun yang terdapat dalam insektisida ini baru bekerja jika bagian tanaman yang telah disemprot dimakan oleh hama. Bagian tanaman yang termakan itulah yang akan sampai di lambung hama. Di lambung inilah kerja racun mulai bereaksi.
Racun Pernapasan
Insektisida jenis ini dapat membunuh serangga jika terhisap melalui organ pernafasan hama. Racun ini sering digunakan untuk mengendalikan hama gudang. Jenis racun ini sering disebut sebagai racun fumigan.

0 komentar:

Poskan Komentar