Jumat, 28 September 2012

Okulasi untuk Tingkatkan Mutu Buah

Banyak cara untuk meningkatkan produktivitas buah durian. Salah satu yang dilakukan Ismail Ginting adalah dengan melakukan penyambungan/okulasi batang bawah. Hasilnya, dalam sebatang pohon, memiliki lebih dari 3 - 5 kaki yang menyuplai nutrisi dari dalam tanah dan menyebarkannya ke batang dengan jumlah yang lebih banyak.
Dengan "penambahan kaki" tersebut, produktivitas buah akan dapat ditingkatkan.  Di ladang penangkarannya yang didominasi oleh bibit durian ini ia mengatakan bahwa dirinya sejak setahun yang lalu sudah melakukan eksperimen tersebut dan hasilnya menggembirakan.

Pohon durian yang berumur muda lebih cepat berbunga yang mana meenunjukkan bahwa buahnya juga akan segera muncul. "Itu otomatis, semakin banyak nutrisi yang diserap, semakin banyak dan baik pula buahnya," katanya.

Dijelaskannya, teknik menambah kaki, memang belum umum dilakukan kebanyakan penangkar. Selama
ini penyambungan hanya dilkakukan untuk bagian atas saja, yakni antara batang bawah dengan entres/pucuk batang jenis lain. "Di beberapa pokon durian dan cempedak sumana sudah berbunga lebih cepat dari yang tidak ditambahi kakinya," kata Ismail.

Dengan penampilan yang lain dari pohon lain, karena memiliki batang lebih dari 1, beberapa orang sempat merasa heran karena tidak mungkin durian bercabang di bawah dan menyatu di bagian atasnya. Bahkan beberapa pohon, kakinya sudah lengket dan tidak tampak hasil sambungannya.
Ia menjelaskan, teknik okulasi semacam itu bisa saja dilakukan untuk tanaman lain yang bisa diokulasi. Dengan okulasi seperti yang dilakukan Ismail, sudah tentu akan bermanfaat untuk memacu percepatan tumbuhnya bunga dan buah.

Di tengah ribuan batang bibit durian, Ismail menjelaskan bahwa teknik penyambungan di bagian batang bawah untuk menambah asupan yang dibutuhkan bagi pertumbuhan buah. Batang dari benih durian lain di bagian tengah. Dengan demikian, dari 1 batang benihnya, bisa terdapat 3 - 5 kaki. "Semakin banyak batangnya, semakin banyak menyerap zat-zat yang diperlukan bagi pertumbuhan tanaman dan buahnya, ini semakin bagua," katanya sambil menunjukan salah satu contoh pohon durian yang memiliki 5 kaki.

Pada umumnya, teknik penyambungan hanya dilakukan dibagian batang atas dan tidak menambah batang bawah. Teknik penyambungan yang dilakukannya sudah dilakukan sejak 3 tahun lalu. Hasil kerjanya tidak sia-sia karena ternyata dalam umur di bawah 5 tahun, pohon durian miliknya sudah berbunga. "Ini membuktikan dengan penambahan kaki bisa mempercepat munculnya buah, sekaligus juga kualitasnya," aku Ismail.

Di lahannya yang seluas sehektare, selain terdapat lebih dari 50 jenis durian dari seluruh Indonesia, Malaysia dan Thailand ia juga melakukan perbanyakan bibit jambu bol, pisang dari Papua, dan lain-lain. "Di sini kita bisa temukan banyak jenis dan varietas buah-buahan dari seluruh Indonesia," katanya.

0 komentar:

Posting Komentar